Bagian-Bagian Microsoft Word dan Fungsinya

Saat ini bagian-bagian Microsoft Word beserta fungsinya memang menjadi salah satu informasi yang wajib diketahui oleh banyak orang.

Pasalnya, di jaman yang semakin modern dan canggih seperti sekarang ini, Microsoft Word sudah menjadi bagian penting dalam kebutuhan sehari-hari, karena sering dijadikan sebagai sarana dalam pembuatan dokumen untuk tugas sekolah, pekerjaan, maupun aktivitas-aktivitas sejenis ini lainnya.

Microsoft Word itu sendiri adalah sebuah software atau aplikasi pengolah kata yang memiliki fungsi untuk membantu segala proses pembuatan dokumen, seperti jurnal, makalah, artikel, dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi Microsoft Word dapat diakses dengan mudah di beberapa perangkat yang menerapkan sistem operasi seperti Windows, LINUX, Android, IOS, dan MacOS.

Karena aplikasi ini dapat diakses dengan mudah di berbagai jenis perangkat, tidak mengherankan jika seiring berjalannya waktu penggunanya terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Bagian-bagian Microsoft Word 2007 beserta fungsinya

Pada dasarnya, Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, dan 2016 memiliki bagian-bagian yang hampir sama satu sama lain.

Hanya saja, terkadang ada beberapa pengguna yang merasa bingung dengan fungsi dari bagian-bagian tersebut, sehingga tidak jarang mereka salah memencet menu yang seharusnya tidak untuk hal yang dibutuhkannya.

Kendati demikian, meskipun bentuk dan susunannya hampir sama satu sama lain, kegunaan bagian-bagian pada Microsoft Word ini semakin kesini semakin didukung dengan kemudahan yang cukup tinggi.

Maka dari itu, tidak sedikit dari para pengguna Microsoft Word yang lebih memilih memiliki Microsoft Word yang versi terbaru.

Namun, hal ini bukan berarti Microsoft Word yang versi terdahulu tidak dapat membuatmu puas, karena semua versi akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu dapat menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Sekarang, mari kita bahas macam-macam bagian Microsoft Word 2007 beserta fungsinya berikut ini:

  • Title Bar: Pada bagian ini akan ditunjukkan keterangan mengenai program dan nama dokumen yang sedang aktif digunakan atau dilihat.
  • Quick access Toolbar: Bagian ini sering disebut juga dengan istilah akses cepat, karena terkadang kamu pasti pernah melakukan 1 perintah tertentu namun harus melalui 2 atau 3 klik menu. Untuk mempermudah hal ini, terciptalah menu akses cepat ini.
  • Menu Bar: Bagian ini memiliki fungsi dalam memberi perintah dengan cara mengklik menunya. Bagian ini akan terdiri dari opsi Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
  • Tombol Office: Bagian ini memiliki fungsi untuk membuka, menutup, maupun mencetak dokumen tertentu.
  • Customize Quick Access Toolbar: Dalam bagian ini akan dilengkapi dengan alat-alat yang dapat diakses dengan cepat dan umum dipakai sang pengguna.
  • Pengatur jendela: Pada bagian ini akan terdiri dari 3 bagian yaitu tombol minimize yang berfungsi untuk meminimalkan jendela, tombol Maximize yang berfungsi untuk memaksimalkan jendela, serta tombol Close yang berfungsi untuk menutup jendela.
  • Lambang Tab: Lambang ini akan menjadi tanda untuk posisi tab mana yang sedang kita gunakan.
  • Kotak dialog: Pada bagian ini akan ada kumpulan perintah kotak dialog yang telah berhasil tersimpan.
  • View Ruler: Ini adalah menu untuk mengatur tampilan dari bagian Ruler.
  • Ruler: Bagian ini akan berfungsi sebagai penggaris dari batas kertas yang tersedia baik secara horizontal maupun vertikal.
  • Roller: Bagian ini merupakan fasilitas yang digunakan untuk menggulung halaman kerja baik secara horizontal maupun vertikal.
  • Status Bar: Bagian ini akan menampilkan status kita di lembar kerja seperti nomor halaman, jumlah kata, dan informasi-informasi sejenis ini lainnya.
  • Halaman kerja: Halaman atau lembar kerja yang akan kita tulis.
  • Zoom In-Out: Menu yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil halaman kerja.

Bagian-bagian Microsoft Word 2010 beserta fungsinya

Setelah membahas tentang bagian-bagian pada Microsoft Word versi 2007, sekarang waktunya kita untuk membahas seputar bagian-bagian yang ada di Microsoft Word versi 2010.

Meski mungkin kesannya akan sama saja dengan versi sebelumnya, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui mengenai hal ini secara lebih jelas dan lengkap lagi.

Berikut adalah daftar bagian Microsoft Word 2010 yang perlu untuk kamu ketahui:

  • Quick Access Toolbar: Bagian ini akan berfungsi untuk mempercepat langkah dalam melakukan perintah. Biasanya menu-menunya akan terdiri dari bagian Save, Undo, Redo, dan bagian-bagian sejenis ini lainnya. Selain itu, pada bagian ini kamu juga bisa mengatur bagian-bagiannya sendiri yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Title Bar: Fungsinya untuk menampilkan judul atau nama dokumen yang sedang kita buat.
  • Pengaturan jendela: Berfungsi untuk mengatur tampilan jendela dan biasanya terdiri dari bagian Minimize untuk memperkecil tampilan halaman, Maximize untuk memperbesar tampilan halaman, serta Close untuk menutup lembar kerja.
  • Tab: Bagian ini akan dilengkapi dengan bagian-bagian seperti File, Insert, Page Layout, dan lain sebagainya.
  • Ribbon: Area yang menampilkan tab yang masih aktif dan biasanya akan terdiri dari beberapa grup.
  • Group atau grup: Berisi ikon-ikon yang memiliki fungsi berbeda.
  • Kotak Dialog: Berfungsi untuk menampilkan jendela fungsi dari masing-masing grup.
  • Ruler: Penggaris yang berfungsi untuk mengatur ukuran margin dalam halaman atau lembar kerja.
  • View Ruler: Pada dasarnya digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan bagian Ruler.
  • Scroll: Berguna untuk menggulung lembar kerja.
  • Halaman Kerja: Tempat dimana kita menulis dokumen.
  • Status Bar: Berfungsi untuk menampilkan informasi tentang halaman yang sedang dibuka, biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti Page Number, Word Count, Language, View, dan Zoom.

Bagian-bagian Microsoft Word 2013 & 2016

Pada dasarnya, bagian-bagian yang ada pada Microsoft Word versi 2013 dan versi 2016 akan sama saja dengan bagian-bagian yang telah kami sebutkan di atas.

Hanya saja, kemudahan dalam penggunaannya akan jauh lebih tinggi, sehingga sering dibanggakan oleh para pengguna Microsoft Word versi ini.

Karena bagian-bagiannya tidak jauh berbeda dan hampir sama dengan versi-versi sebelumnya, tentu fungsi-fungsinya pun akan sama saja.

Jadi, jika kamu sudah memahami fungsi dari bagian-bagian di atas, maka kamu akan paham juga mengenai fungsi dari bagian-bagian dalam Microsoft Word versi 2013 dan 2016.

Oleh karena itu, untuk memahami fungsi dari bagian-bagian ini, kamu perlu mempelajari dan selalu mengingat penjelasan di atas.

Sebab, jika kamu salah menekan bagian pada Microsoft Word, hal ini dapat berpengaruh besar terhadap dokumen yang sedang kamu buat. Kamu tidak ingin hal buruk terjadi pada dokumenmu bukan?

Itu saja penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai bagian-bagian Microsoft Word beserta fungsinya.

Semoga artikel ini dapat membantu banyak orang dalam memahami fungsi dari bagian-bagian yang ada di dalam Microsoft Word, sehingga mereka dapat lebih mudah dalam menggunakan aplikasi ini, dan tidak ada kendala apapun pada saat menggunakannya.

Terima kasih telah membaca artikel yang kami tulis, dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *