Cara Mengaktifkan Microsoft Word

Microsoft Office, merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak dibutuhkan.

Pada berbagai industri, Microsoft digunakan untuk pengolahan data, teks dan lainnya. Perangkat ini dirancang langsung oleh Microsoft Windows dan Mac OS X.

Untuk menggunakannya, biasa dibutuhkan aktivasi perangkat lebih dulu, yang berbeda pada tiap serinya.

Baca juga: Microsoft Word adalah Software yang Termasuk dalam?

Microsoft Word misalnya, cara mengaktifkan Microsoft Word punya prosedur yang berbeda-beda meski tak jauh beda.

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan memberikan penjelasan serta alur mengaktifkan Microsoft Word 2007, 2013 dan 2016.

Anda bisa menyesuaikan dengan seri yang telah diunduh pada perangkat Anda.

Cara Mengaktifkan Microsoft Word 2007

Sebagaimana diketahui, Microsoft Word sebenarnya merupakan salah satu program yang ada di dalam Microsoft Office.

Ketika Anda mengaksesnya, maka Microsoft Word secara otomatis juga dapat digunakan. Langkah ini menunjukkan prosedur setelah install, jadi pastikan program ini sudah tersedia.

Secara umum, aktivasi membutuhkan kunci produk yang valid, panduan aktivasi sendiri bisa dilakukan dengan beberapa prosedur yakni internet dan telepon:

Aktivasi dengan Internet

Menggunakan internet berarti sudah menghubungkan ke server lisensi Microsoft secara otomatis. Koneksi ini mendukung kunci produk yang valid sebelum pengguna mengaktifkannya.

Jika internet dinyalakan, ID Produk akan dikirim ke Microsoft dan respons akan dikirim kembali ke komputer penggunanya untuk mengaktifkan.

Aktivasi dengan Telepon

Ini adalah alternatif kedua jika Anda tak punya koneksi stabil. Cobalah untuk menelepon pusat aktivasi dengan nomor negara atau wilayah tertentu yang terdaftar.

Kendati demikian, proses ini memakan waktu lebih lama ketimbang dengan internet. Hal ini karena pengguna harus berada di depan komputer selama panggilan berlangsung, serta wajib mempunyai kunci produk perangkat lunak.

Nantinya, perwakilan layanan bakal  meminta langsung ID instalasi Anda untuk ditampilkan di layar bersama informasi lain yang lebih relevan. Setelah ID instalasi diverifikasi, maka otomatis Anda akan menerima ID konfirmasi.

Berikutnya, ketik ID konfirmasi tersebut di kolom yang sudah disediakan pada bagian bawah layar dan tekan “Enter”. Aktivasi telepon dalam hal ini tidak tersedia untuk uji coba serta langganan.

Membuka Microsoft Word

Jika langkah di atas berhasil, berarti Anda sudah bisa menggunakan seluruh perangkat di dalamnya termasuk Word. Untuk membuka, berikut ini prosedurnya:

  1. Klik ikon Microsoft Office dan pilih opsi Word berwarna biru
  2. Pilih “Sumber Daya” dan pilih “Aktifkan”
  3. Ikuti seluruh panduan aktivasi hingga selesai

Cara Mengaktifkan Microsoft Word 2013

Berikutnya pada Microsoft Office 2013, aktivasi perangkat ini bisa dilakukan supaya seluruh tool yang terdapat di dalamnya bisa digunakan dengan lebih maksimal.

Tak cuma itu, guna melakukan aktivasi, Anda akan menerima notifikasi peringatan warning secara berulang dan berisi peringatan agar segera mengaktivasi Microsoft.

Biasanya, banyak orang yang tak memiliki cukup uang guna membeli kunci produk.  Oleh sebab itu, pengguna mencoba alternatif dengan menggunakan activator untuk memudahkan proses, berikut langkahnya:

  1. Lihat menu File – Account, lalu Anda akan melihat papan peringatan yang meminta untuk aktivasi perangkat.
  2. Jika Anda menggunakan Smadav, pilih ikon Smadav yang berada di bagian pojok kanan bawah desktop lalu pilih Allow Windows-Script & Office-Macro (Untuk Restart. Ingat untuk disable sementara pada antivirus yang di-install pada komputer atau laptop Anda.
  3. Download tool yang bakal digunakan untuk mengaktivasi office. Selanjutnya, ekstrak file tersebut (klik kanan – extract to…) menggunakan WinRAR. Jika komputer meminta password cukup masukkan 000000
  4. Setelah tahap ini selesai, masukkan pada folder /ToolsW10.AAct3.9.5 Portable lalu klik 2x AAct_x64. selanjutnya pada vers 64bit tidak bekerja cukup gunakan AAct.
  5. Apabila Anda mendapat peringatan, maka pilih More info – Run Anyway
  6. Apabila tool telah terbuka, pilih Office Activation lalu tunggu hingga seluruh proses aktivasi selesai dilakukan dan memunculkan tulisan “Product Activation Successful”.
  7. Lihat pada menu File – Account maka otomatis akan memunculkan Product Activates yang berarti Microsoft Word berhasil diaktivasi dan telah menggunakan fitur dengan lebih maksimal.

Jika tahap ini selesai dilakukan, berarti Microsoft Office siap untuk digunakan. Anda bisa langsung membuka Word pada opsi yang disediakan. s

Cara Mengaktifkan Microsoft Word 2016

Jika membahas keluaran Microsoft dari ketiga bagian tentu 2016 merupakan yang paling canggih. Berbagai fitur yang dihadirkan lebih kompleks dan mudah terutama jika Anda menggunakan koneksi internet yang stabil.

Smart Lookup sebut saja, merupakan fitur yang fungsinya serupa asisten digital untuk mencari informasi internet bahkan tanpa membuka browser.

Penggunaan koneksi internet juga dapat membuat kolaborasi dengan proses penyuntingan dokumen orang lain.

Apabila terdapat kesalahan,  maka perangkat bisa langsung memperbaiki melalui sistem supervisor atau rekan kerja agar mengedit dokumen yang sesuai, fitur inilah yang disebut dengan Co-Authoring.

Sebenarnya, sistem ini sudah ada pada Microsoft Office 2013 namun belum cukup mumpuni dan canggih sebagaimana 2016 dibuat.

Berbagai file sangat mudah dibuat dan diedit hanya dengan satu akun OneDrive saja. Microsoft tipe ini juga mempunyai tombol “Share” guna membagikan file apabila selesai disunting atau hendak diberikan untuk proses penyuntingan kedua.

Pengguna dalam hal ini dapat menyertakan pesan dengan file melalui kolom pesan di kotak dialog.

Setiap orang yang menerima file ini bisa mengedit atau hanya membaca saja, semua tergantung pada hak akses yang diberikan pengirim kepada penerima.

Jika kelebihan Microsoft Office 2016 di atas sudah dipahami, berikutnya adalah mengaktivasi perangkat dengan langkah di bawah ini:

  1. Install aplikasi 2016, dengan menerima menu File – Account maka secara otomatis pengguna akan melihat informasi Activation Required yang bermakna Microsoft Office 2016 yang belum diaktivasi.
  2. Untuk tahap selanjutnya, Anda membutuhkan activator dengan cara mengunduhnya. Setelah itu, ingat untuk menutup seluruh aplikasi office lalu matikan sementara pada antivirus yang terpasang. Apabila terdapat permintaan password cukup masukkan “000000”.
  3. Untuk pengguna Smadav, pengguna lebih dulu menekan tombol kanan ikon Smadav yang berada di bagian pojok kanan bawah desktop atau taskbar lalu pilih Allow Windows-Script & Office – Macro (Until Restart).
  4. Tekan atau klik kanan file yang telah diunduh lalu pilih “Extract Here”
  5. Masukkan password “0000000”
  6. Masukkan folder activator > AAct 3.9.5 Portable lalu pilih 2x AAct_x64
  7. Apabila tampil peringatan maka pilih “Run Anyway”
  8. Jika aplikasi sudah terbuka, pilih “Office Activation lalu tunggu hingga seluruh proses aktivasi selesai.
  9. Pada tahap ini, pilih menu File – Account lalu akan muncul tulisan Product Activates yang memberi informasi jika Microsoft Office 2016 telah berhasil diaktivasi dan siap untuk digunakan.

Itulah cara mengaktifkan Microsoft Word 2007, 2013 dan 2016. Anda bisa mengikuti setiap prosedur berdasarkan perangkat seri yang dimiliki. Juga, tak ada salahnya mengakses Microsoft terbaru untuk menggunakan ragam fitur terbaru yang lebih memudahkan dalam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *