Cara Memperbaiki Microsoft Word Product Activation Failed

Microsoft word product activation failed menjadi salah satu penyebab laptop atau komputer yang lambat.  Coba saja buktikan saat Anda akan mulai mengerjakan tugas dengan menggunakan program Microsoft Office.

Yang lebih mengesalkan adalah Anda butuh waktu kurang lebih 2 menit hanya untuk menunggu Microsoft Word atau Excel dapat terbuka dengan lancar.

Mayoritas gangguan adalah pada Microsoft 2010. Microsoft word product activation failed 2010 sangat umum terjadi karena memang biasanya pengguna tidak melakukan aktivasi untuk aplikasi Microsoft office.

Imbasnya memang cukup dirasakan saat pengguna Microsoft Word akan menggunakan aplikasi ini.  Lembaran kosong yang akan muncul nantinya sangat lama diakses. Selain itu, notifikasi product activation failed muncul dan sangat mengganggu.

Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed dengan Mudah

Jika Anda adalah salah satu pengguna Microsoft Office 2010 yang pusing dengan masalah ini, Anda dapat menggunakan beberapa cara yang sangat mudah di bawah ini. Anda tidak usah memanggil tukang servis komputer, karena Anda dapat mengatasinya sendiri.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyalakan komputer terlebih dahulu.  Jika Anda mengakses artikel ini melalui komputer, maka Anda harus memastikan bahwa Anda tidak sedang membuka salah satu aplikasi dari Microsoft Office seperti Word, Excel, Power Point, Picture Manager Publisher dan sebagainya.

Langkah kedua adalah mengakses Windows Explorer. Windows Explorer dapat diakses dengan berbagai macam cara. Pertama, Anda dapat mengklik kotak pencarian dan mengisikan kata ‘Windows Explorer’. Atau, dapat langsung menekan tombol Windows di laptop atau komputer dan huruf E serentak.

Setelah itu, langkah ketiga adalah dengan mencari folder Microsoft Office. Folder ini terletak pada Local Disk (C). Lalu Anda dapat langsung mencari folder Program Files. Dari folder tersebut akan Anda temukan folder Microsoft Office.  

Nantinya Anda akan menemukan folder Office 16.  Apabila folder Office16 tidak dapat Anda temukan dari folder Program Files, maka Anda dapat mencari folder tersebut di Program Files (x86), di dalam folder C.

Setelah Anda menemukan folder Office16, maka Anda dapat mencari dulu folder ospprearm.exe. Memang, Anda pasti bingung mencari di sebelah mana. Anda dapat mencari di kotak Search yang ada di bagian atas Windows Explorer. 

Setelah menemukan  ospprearm.exe, Anda dapat langsung klik kanan folder tersebut. Nantinya muncul beberapa pilihan. Klik Run as Administrator.

Nah, Anda hanya perlu menunggu proses pemulihan Microsoft Office Anda. Anda dapat melakukan restart jika tidak yakin. Tetapi biasanya, hal ini tidak perlu dilakukan karena Anda juga dapat langsung membuka Microsoft Office setelah proses tersebut selesai. Masalah pun terselesaikan.  Cara tersebut adalah cara menghilangkan product activation failed 2010 yang sangat mudah.

Tetapi, bagaimana jika notifikasi masih muncul?

Anda dapat melakukan proses ini sekali lagi dengan cara yang sama. Pastikan Anda melakukan secara tepat.

Karena mayoritas pengguna langsung dapat mengaplikasikan proses tersebut di atas dan berhasil menggunakan Microsoft Office mereka dengan baik, tanpa ada notifikasi Product Activation Failed.

Mengapa Bisa Terjadi?

Mengapa product activation pada produk Microsoft gagal?  Banyak yang mengira bahwa masalah ini terjadi pada Microsoft Windows.

Padahal, tidak mungkin perusahaan sekelas Microsoft akan mengalami hambatan yang ‘remeh’ seperti ini.   Pada dasarnya, masalah ini muncul karena kesalahan pelanggan yang tidak menggunakan software asli Microsoft Office.

Produk Microsoft Office 2010 memang akan memunculkan masalah key activation saat pengguna menggunakan produk palsu. Berbeda dengan Microsoft yang lebih lama seperti Microsoft Office 2007 yang lebih mudah cara mengatasinya.

Jika pengguna menggunakan perangkat lunak Microsoft Office asli dan menghindari program copyright yang ilegal.  

Masalah yang ditemui pengguna nantinya akan membuat pengguna, yang tidak mengetahui seluk beluk komputer, mengira bahwa program Microsoft Office bermasalah.

Padahal, penggunaan software asli akan menghindarkan mereka dari masalah. Justru, pengguna masih beruntung karena masih ada cara-cara untuk mengaktivasi produk dengan cara-cara tertentu, seperti tersebut di atas untuk product activation failed office 2010.

Masalah Pada Windows 7 atau 8

Masalah produk yang tidak berlisensi pada Windows 7 dan 8 memang ada. Tetapi, hal ini tidak banyak terjadi. Biasanya  masalah yang muncul adalah notifikasi MS Office Unlicensed Product.  Jika hal ini terjadi, maka Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini. 

Langkah pertama adalah masuk ke Control Panel. Control Panel dapat diakses dengan mengklik tombol Windows yang ada di sudut kiri bawah. Setelah itu, muncul dua bagian.

Cari Control Panel  yang terletak di sebelah kanan. Setelah itu, akan muncul beberapa ikon. Cari ikon Programs dimana nantinya ada ikon Programs and Features.

Langkah berikutnya adalah cari Office 36. Kemudian, klik kanan ikon tersebut dan klik tombol Change, Nantinya, akan muncul menu Quick Repair. 

Jika hal ini masih tidak membantu Anda atau pengguna Windows 7, maka menu Online Repair dapat dipilih.

Biasanya, muncul permintaan untuk memasukkan activation key. Beberapa laptop sudah dilengkapi dengan activation key sehingga pengguna dapat mengaktifasinya sendiri.  Tetapi, hal ini jarang terjadi, sehingga pengguna harus melakukan crack.

Crack ini dapat dilakukan dengan penggunaan KMS auto lite.  Program ini harus diunduh terlebih dahulu. Biasanya, para ahli komputer membagikan beberapa produk atau tool untuk crack atau aktivasi Microsoft office dengan versi apapun.   Tetapi, perlu waktu untuk dapat mencari tool ini karena saat ini tidak banyak yang membagikan file mereka ke Google Drive. Pasalnya, sistem di Google akan memberikan notifikasi bahwa produk crack sebagai virus.

Nah, setelah Anda mendapatkan produk KMS Auto Lite, Anda dapat mengekstraknya. Setelah itu, Anda akan melihat dua file. File pertama adalah KMSAuto X64. File kedua adalah KMSAuto.

Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikan penggunaannya dengan Windows yang beroperasi di laptop atau komputer Anda.  File pertama dapat digunakan pengguna yang memiliki komputer atau laptop dengan sistem pengoperasian Windows 64 Bit.  Sedangkan untuk file kedua dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki perangkat dengan Windows 32 Bit.

Setelah itu, Anda dapat jalankan KMS Auto Lite dari file pertama atau kedua, sebagai Administrator dengan memilih menu Run as administrator. Lalu, Anda dapat melihat pada salah satu tab  di KMS Auto Lite.

Pilih Tools. Lalu, muncul beberapa menu. Berikan checklist di kotak Convert Office 2010/2013/2016 retail =>vl.  Anda dapat menutupnya dan kembali ke Home.  Lalu, Anda dapat menjalankan office.

Ada pula cara untuk melakukan crack dengan mengaplikasikan script code untuk MS Office.  Untuk penggunaan script code ini harusnya tidak dilakukan oleh mereka yang tidak paham dengan komputer.

Pasalnya, hasil memasukkan script code dapat berpengaruh pada keseluruhan sistem operasi.  Jadi, lebih baik pengguna mencari produk Microsoft Office asli untuk mengatasi masalah, jika langkah pertama tidak berhasil.

Bagaimana dengan Microsoft Office 2013?

Pengguna Microsoft Office 2013 juga akan mengalami hal yang sama jika mereka menggunakan piranti lunak yang palsu.  Pastinya nanti Anda akan mendapatkan notifikasi Product Activation Failed.

Efeknya akan lebih menyebalkan karena program-program bawaan dalam Microsoft Office 2013 jauh lebih berat dibandingkan dengan Office 2010, apalagi dengan Office 2007.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh terlebih dahulu sebuah program yang bernama EZ Activator. 

Anda dapat mencarinya di situs pencari. Pastikan Anda memilih seri 2.3.2. Setelah Anda mengunduhnya, maka Anda harus mematikan koneksi internet sebelum membuka software ini.

Sesudah Anda membuka software ini, maka akan muncul logo Microsoft Office 2013 di sebelah kiri bagian atas.  Lalu, pilih Activation. Setelah itu akan muncul beberapa opsi yang salah satunya adalah EZ Activator. Lalu pilih opsi tersebut.

Menunggu aktivasi ini juga cukup lama dan tidak diperkenankan bagi pengguna untuk melakukan aktivitas apapun selama proses.

Hal ini untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi.  Nantinya, muncul notifikasi successfully activated.  Anda pun dapat menggunakan produk Microsoft tanpa ada notifikasi yang mengganggu ini lagi.

Pengguna Office 2016 Harus Cek Kendala Ini dengan Teliti

Masalah aktivasi produk untuk Office 2016 juga kerap terjadi diantara mereka yang juga menggunakan produk palsu.

Tentu, ada saja cara-cara untuk mengatasi masalah ini.  Meski akar masalahnya sama, yaitu penggunaan software palsu, tetapi langkah-langkah untuk pemulihannya cukup berbeda.  

Menarik untuk disimak bahwa pengaplikasian langkah-langkah untuk aktivasi Office 2016 justru tidak lebih rumit dibandingkan dengan Office 2010.  Bagaimana cara-cara untuk dapat mengaktifkan Microsoft Office 2016?

Pertama, akses Drive C dari Windows Explorer laptop atau komputer Anda.  Tentu, aplikasi Microsoft Office 2016 tidak boleh dibuka dulu. 

Setelah itu masuk ke folder Program File. Di dalam folder tersebut akan ada folder Microsoft Office. Cari pilihan folder Office 16.

Selanjutnya, Anda dapat masuk ke folder tersebut. Tetapi, Anda harus mencari file ospprearm.exe. Kalau kesulitan, copas saja program ini dan klik di kotak pencari.

Setelah Anda menemukan file ini, klik kanan. Muncul beberapa opsi. Pilih Run As Administrator. Setelah itu, akan ada notifikasi yang cukup panjang dan mungkin Anda akan bingung. Tetapi, Anda cukup pilih YES.

Seperti petunjuk-petunjuk sebelumnya, maka Anda dapat menunggu proses aktivasi hingga selesai. Setelah selesai, Anda dapat melakukan restart, atau Anda dapat langsung membuka Office Anda.

Selamat menikmati Microsoft Office 2016 yang bebas lemot.  Anda tidak hanya dapat memanfaatkan Microsoft Word yang bebas notifikasi product activation failed, tetapi juga semua product Office, seperti Publisher, Power Point, Excel, Access, One Note, Outlook, dan banyak lagi.

Lebih Baik Gunakan yang Asli

Memang, tidak banyak masyarakat Indonesia yang peduli dengan keaslian dari produk piranti lunak, terutama untuk komputer atau laptop mereka.

Padahal, penggunaan piranti asli tidak hanya dapat menghindarkan mereka dari kemungkinan munculnya tulisan Microsoft Word product activation failed saja.

Tetapi, mereka juga dapat menggunakan fitur-fitur Microsoft Office lainnya dengan lancar, bebas lemot dan juga tidak akan terkendala oleh masalah teknis.

Masalah yang muncul karena produk tidak diaktivasi adalah karena adanya ‘konflik’ dengan beberapa program sehingga aktivasi produk dibutuhkan.  

Dengan menggunakan produk Microsoft Office asli, maka tidak akan ada lagi gangguan dalam penggunaan komputer atau laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *